(Penkostrad. Selasa, 4 April 2017). Walaupun waktu On The Job Training (OJT) ini relatif sangat singkat, tetapi banyak pelajaran yang bisa didapat dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan OJT, tidak hanya sebatas menerapkan berbagai teori ilmu kecabangan maupun kemiliteran di lapangan, Tetapi lebih dari itu dituntut mampu beradaptasi dan berkomunikasi dengan lingkungan tugas di satuan-satuan. Sehingga mungkin akan banyak memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru di lapangan yang sebelumnya tidak didapat di lembaga pendidikan Akmil selama ini.

Demikian dikatakan Danyonif Mekanis 411/Pandawa pada saat melepas OJT Taruna Akmil Tingkat III Ta. 2017 di satuan Yonif Mekanis 411/Pandawa, bertempat di Hall Mayonif Mekanis 411/Pandawa Jl. Veteran no.  01 Salatiga , jum’at (31/3/2017).

Lebih lanjut Danyonif Mekanis 411 mengatakan semua pengalaman dan pengetahuan tersebut sudah barang tentu akan bermanfaat dalam penyelesaian studi di Akmil maupun dalam menjalankan tugas dan jabatan nanti, kemampuan untuk menyerap semua pengetahuan ini dapat dikuasai dengan baik, apabila para Taruna pandai memanfaatkannya. Situasi di lembaga pendidikan sangatlah berbeda dengan situasi di satuan. Hal ini disebabkan berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi memang sungguh berbeda. Oleh karena itu, para Taruna tidak perlu merasa heran manakala nanti menjumpai atau dihadapkan dengan keadaan yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan, dan bahkan belum pernah diketahui selama di lembaga pendidikan.

Pada kesempatan ini satuan Yonif Mekanis 411/Pandawa menerima OJT Taruna AKMIL tingkat III tahun 2017 sebanyak 30 orang dan telah menimba ilmu serta pengalaman selama kurang lebih 5 hari dari tanggal 27 s.d 31 maret 2017  di satuan Yonif  Mekanis 411/Pandawa.