301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

(Penkostrad. Kamis, 15 Agustus 2019). Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 328 Kostrad melaksanakan Fast Roping dalam rangka Latihan Ancab Brigif Para Raider 17 Kostrad TA 2019, bertempat di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklat TNI AD, Martapura, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (14/8/2019).

Fast Roping prajurit Yonif Para Raider 305 Kostrad yang dipimpin oleh Letnan Dua Inf Abd Basir menggunakan 4 Heli dari Skadron 12 Serbu yang masing-masing membawa lebih kurang 8 orang prajurit, secara berbarengan turun ke darat dari helikopter dengan menggunakan 2 tali yang masing-masing ujungnya dikaitkan di badan helikopter.

Komandan Satgas Penerangan pada Latihan Ancab 2019, Kapten Inf Kurniawan mengatakan para prajurit melakukan Fast Roping turun dari Helikopter dengan menggunakan tali yang merupakan simulasi pengiriman pasukan yang tidak dapat dijangkau dengan kendaraan darat dimana pada saat turun bertumpu pada kekuatan genggaman tangan dan jepitan kaki pada tali.

“Yang dimaksud Fast Roping dalam latihan tersebut adalah latihan serangan bergerak secara cepat, senyap, dan tepat masuk ke dalam kawasan musuh untuk menghancurkannya. Ada pula istilah Repling dan Free Drop yang juga biasa dilakukan saat latihan,” ujar Kapten Inf Kurniawan yang kesehariannya berdinas di satuan Penerangan Kostrad.

Lebih lanjut, Kapten Inf Kurniawan mengatakan bahwa kegiatan latihan tersebut merupakan mobilisasi udara yang harus dimiliki oleh pasukan Para Raider. Turun dari helikopter dengan perlengkapan senjata lengkap untuk mendemonstrasikan Gultor (Penanggulangan Teroris) maupun untuk menghadapi perang konvensional.

Batalyon Infanteri Para Raider 305 Kostrad yang merupakan salah satu satuan elit Kostrad memang harus memiliki kemampuan tersebut, karena diperlukan untuk menghadapi ancaman gangguan baik dari dalam maupun dari luar terhadap NKRI.

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.