(Penkostrad. Jumat, 24 Februari 2017). Mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Batalyon Kesehatan 1 kostrad melakukan Fogging (pengasapan) di Asmil  Yonkes 1 Kostrad, Ciluar, Bogor, Jawa Barat, Jumat (24/2). Seluruh Perumahan dan Perkantoran  Asrama Militer (Asmil) Yonkes 1 Kostrad serta rumah warga sekitar kompleks juga jadi sasaran fogging.

Komandan Batalyon Kesehatan 1 Kostrad Letnan Kolonel Ckm dr. Bernard Damima, M. Kes. mengatakan “Bahwa digelarnya aksi sosial ini tak lepas semakin merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menyerang hampir di beberapa wilayah di Indonesia”.

“Pengasapan ini kami lakukan untuk mengantisipasi makin meluasnya DBD, mengingat perkembangan nyamuk Demam Berdarah berkembang di pemukiman yang padat penduduk dan terdapat banyak genangan air. Sehingga kami berinisiatif melakukan pengasapan di wilayah ini,” ujar Letnan Kolonel Ckm dr. Bernard Damima, M. Kes. dilokasi Fogging.

Danyon  menghimbau kepada prajurit dan warga sekitar komplek untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. “Kebersihan lingkungan  merupakan tanggung jawab kita bersama. Setiap individu bertangung jawab terhadap kebersihan lingkungan yang diawali dari rumah tinggalnya masing-masing,” tandasnya.

Lebih lanjut Danyon menyatakan “Kegiatan fogging rutin ini merupakan salah satu program satuan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat”.

“Fogging ini juga sebagai upaya membantu pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran penyakit DBD” Tegas Danyonkes 1 Kostrad.