(Penkostrad. Jum’at, 16 Desember 2016). Brigade Infanteri Raider 9 Kostrad menyelenggarakan kejuaraan Nunchaku yang diikuti oleh prajurit satuan jajarannya. Kegiatan yang melibatkan 4 satuan ini digelar di Markas Brigade Infanteri 9 Kostrad, Jember. Sejumlah satuan yang mengirimkan pesertanya meliputi satuan Denma Brigif Raider 9 Kostrad, Yonif Raider 509 Kostrad, Yonif Raider 515 Kostrad, serta Yonif Raider 514 Kostrad.
 
Kejuaraan Nunchaku piala Danbrig 9 ini, diikuti oleh 100 orang peserta dari perwakilan terbaik di Satuan jajaran Brigif 9 Kostrad. Peserta yang mengikuti kegiatan ini saling menunjukkan performa terbaiknya dan pulang sebagai juara.
 
“Lomba ini adalah sarana untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan bertarung prajurit Kostrad menggunakan double stick, tidak ada alasan tidak bisa, semua harus bisa sampai pada tingkat mahir, bahkan untuk mencapai itu kita datangkan pelatih dari luar”, tegas Danbrigif Raider 9 Kostrad Kolonel Inf Franz Yohannes Purba, S.I.P.
 
Pada ajang pertandingan kali ini, para peserta diharuskan menampilkan keterampilan dalam materi martial of arts Nunchaku. Penilaian pada lomba ini meliputi unsur keindahan, kekompakan, dan unsur gerakan yang mematikan. Seluruh tim menampilkan gerakan-gerakan yang memukau, dengan berbagai gerakan dasar yang divariasikan dengan formasi, mencermikan ketangkasan serta keterampilan prajurit dalam menggunakan double stick.
 
Penampilan semakin menarik dimana setiap tim menggunakan kostum yang menjadi ciri khas masing-masing Satuan ditambah dengan dorongan semangat supporter yang berada di luar lapangan lomba.
 
Pada akhir kegiatan ini, diperoleh hasil sebagai juara 1 direbut oleh Yonif Raider 514 Kostrad dengan perolehan point 1.665, disusul juara 2 Yonif Raider 515 Kostrad dengan point 1.590, juara 3 Denma Brigade  Raider 9 Kostrad dengan point 1.455, dan juara Harapan 1 Yonif Raider 509 Kostrad dengan hasil akhir 1.330.