JABATAN DANDENINTEL KOSTRAD DISERAHTERIMAKAN

  “Detasemen Intelijen Kostrad sebagai satuan penyelenggara fungsi intelijen yang meliputi penyelidikan, pengamanan dan   penggalangan, memiliki peran strategis dalam penugasan. Sebagai mata rantai terdepan untuk memberikan laporan kepada pasukan yang melaksanakan operasi tempur, prajurit Detasemen Intelijen Kostrad dituntut memiliki kemampuan dalam menyajikan data intelijen yang cepat, tepat dan akurat”.

 

Demikian penegasan Pangkostrad Letjen TNI George Toisutta pada Acara Laporan Korps Serah Terima Jabatan Komandan Detasemen Intelijen Kostrad, dari  Letnan Kolonel Inf Achmad Daniel Chardin kepada Letnan Kolonel Inf Benny Bintoro, Rabu (12/8) di Ruang Mandala Makostrad Jakarta.

 

 Lebih lanjut Pangkostrad menegaskan bahwa pembinaan prajurit diarahkan untuk meningkatkan pemahaman terhadap potensi ancaman, baik di bidang keamanan nasional yang menyangkut pertahanan dan keamanan, maupun bidang-bidang lainnya seperti politik, ekonomi dan sosial budaya serta hukum bahkan bidang ideologi  yang dapat menjadi ancaman terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa. Selain itu aparat intelijen harus menguasai dan melaksanakan taktik dan teknik intelijen secara tepat dan aman sehingga mampu melakukan tindakan cegah dan deteksi dini serta mampu memperlancar arus intelijen dengan mekanisme yang cepat, tepat dan benar.

 

Kepada pejabat baru, Pangkostrad memerintahkan untuk menumbuh-kembangkan naluri intelijen prajurit, memantapkan pemahaman terhadap potensi ancaman, mengembangkan metoda, teknik dan taktik intelijen yang efektif dan efisien serta meningkatkan kesadaran wajib lapor berdasarkan mekanisme dan prosedur yang benar. Peningkatan kualitas penanganan permasalahan yang berkaitan dengan intelijen dan pengamanan, harus mampu berpacu dengan perkembangan lingkungan yang bergerak dengan sangat cepat dan dinamis dengan memanfatkan teknologi komunikasi dan informasi yang serba cepat dan transparan.

 

            Hadir pada acara serah terima jabatan Kepala Staf Kostrad, Pangdivif 1/ Kostrad, Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad,  Ir, Para Asisten, Kabalak dan Komandan Satuan Kostrad.

KOSTRAD

KOMANDO CADANGAN STRATEGIS ANGKATAN DARAT

MARKAS KOSTRAD
Jl. Merdeka Timur No.3
Jakarta Pusat
Indonesia